• UGM
  • IT Center
  • Portal Akademika
  • Penelitian
  • Webmail
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Doktor Ilmu Kehutanan
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Sambutan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Prasarana
    • Program Studi S3
      • Program Reguler
      • Program Intensif
      • Program Research
  • Akademik
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan
    • Dokumen Akademik
  • Mahasiswa
    • Status Mahasiswa
    • Blangko Permohonan
  • Dosen
    • Staff Pendidik
    • Publikasi
  • Berita
    • Berita
    • Agenda
    • Pengumuman
    • Galeri
  • Download
  • Alumni
    • Daftar Alumni
    • Profil Alumni
  • Beranda
  • Syarat & Prosedur Pendaftaran

Syarat & Prosedur Pendaftaran

  • 24 Januari 2022, 10.10
  • Oleh: webadmin.fkt
  • 0

Pendaftaran calon mahasiswa baru dilakukan secara online melalui laman https://um.ugm.ac.id/ragam-seleksi-pascasarjana/ , kemudian dilanjutkan dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

  1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S2 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
  2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S2 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:
    1. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
  3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S2, dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
    2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
    3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.
  4. Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi akademik:
    No Jenis Skor Minimal
    1 PAPs UGM 500
    2 TPDA PLTI 500
    3 Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS 500
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
    No Jenis Skor Minimal
    1 AcEPT UGM 209
    2 TOEP PLTI 45
    3 International English Testing System (IELTS) 5.0
    4 Internet-Based (iBT) TOEFL 45
    5 Institutional Testing Program (ITP) TOEFL 450
  6. Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya atau pimpinan unit kerja.
  7. Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit;
  8. Proyeksi keingingan calon mahasiswa dan draft proposal disertasi atau sinopsis penelitian
  9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja
  10. Dokumen MoU atau Perjanjian Kerja Sama atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku khusus bagi pendaftar jalur kerjasama
  11. Dokumen surat pernyataan keaslian dokumen

Seluruh dokumen persyaratan mohon dapat dikirim ke program studi.

Pendaftaran mahasiswa baru program pascasarjana dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu pada semester gasal dan genap yang jadwal pelaksanaannya dapat diakses secara online disini

Rilis Berita

  • Pengumuman Heregistrasi Semester Genap TA 2022/2023 Mahasiswa Program Diploma, Sarjana, Sarjana Terapan, Profesi, dan Pascasarjana
    Januari 2, 2023
  • Tahapan dan Persyaratan Wisuda Program Pascasarjana Periode II Tahun Akademik 2022/2023
    Desember 12, 2022
  • Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil T.A 2022/2023
    Desember 6, 2022
  • Wisuda Program PascaSarjana Periode I Tahun Ajaran 2022/2023
    Oktober 31, 2022
  • Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Semester Genap TA 2022/2023
    Oktober 27, 2022
  • Hibah Bantuan Publikasi Mahasiswa Tahun 2022
    Oktober 10, 2022
  • Jadwal Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil T.A 2022/2023
    Oktober 4, 2022
  • Sertifikat Akreditasi BANPT 2022
    Oktober 1, 2022
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Kehutanan
Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada
Jl. Agro No.1, Kampus UGM, Bulaksumur Yogyakarta, Indonesia 55281
(0274) 584126
s3ilmukehutanan@ugm.ac.id

Tentang Kami

  • Visi Misi
  • Struktur Organisasi
  • Staff Pendidik
  • Sarana Prasarana
  • Program Studi S3

Informasi

  • Berita
  • Agenda
  • Pengumuman
  • Profil Alumni
  • Daftar Alumni

Tautan

  • Pendaftaran
  • Jurnal Online
  • LPDP
  • Perpustakaan

Layanan Informasi

Dr. Hero Marhaento, S.Hut., M.Si.
081390894842

Frida Cahyaningrum, A.Md.
085643185885

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju